Gaya hidup

Waspadai Gejala Sakit Jantung yang Tak Banyak Disadari

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Gangguan kesehatan bisa datang kapan saja meskipun kita sudah mengatur pola makan dan menjaga kesehatan. Ada banyak penyakit mematikan bisa menjangkit siapa saja, salah satunya gangguan jantung. Perkembangan dari penyakit jantung selalu bertambah banyak dari jumlah penderitanya, bahkan dari usianya tak selalu diderita oleh lansia.

Gangguan jantung bisa disebabkan oleh faktor pola hidup kurang baik hingga konsumsi makanan yang kurang sehat. Bahkan dari pola hidup instan di era modern ini akan semakin memperbesar terjadinya gangguan kesehatan pada jantung. Beragam potensi terburuk dari gangguan jantung bisa diperlihatkan dalam beberapa gejala. Rata-rata setiap orang tak memperhatikan gangguan ataupun gejala sakit jantung sehingga mereka tak mengetahui seperti apa pastinya dari gejala sakit jantung tersebut.

Waspadai Gejala Sakit Jantung yang Tak Banyak Disadari
Waspadai Gejala Sakit Jantung yang Tak Banyak Disadari

Mungkin Anda memiliki genetik penderita jantung sehingga merasa khawatir jika nanti suatu saat bisa mengidapnya. Hingga kini ada beberapa gejala sakit jantung yang bisa disadari bahkan dicegah agar konsisi jantung tidak memburuk.

Rasa Nyeri di Bagian Tubuh Sebelah Atas

Secara teknis bagian tubuh sebelah atas bisa memberikan gejala yang sering terjadi yakni rasa nyeri. Organ jantung memiliki fungsi mengedarkan darah ke semua syaraf sehingga ketika kinerja jantung tidak maksimal maka muncullah rasa sakit serta nyeri di bagian bahu, lengan, punggung, leher, hingga rahang.

Pusing

Perasaan pusing ataupun sakit kepala juga menjadi satu gejala dari gangguan jantung. Akan tetapi kriteria sakit kepala bisa dibedakan menurut intensitasnya hingga beberapa kali terjadi. Ketika terjadi sakit kepala yang sangat menganggu bahkan membuat Anda pingsan bisa jadi hal tersebut menjadi satu gejala organ jantung tidak bekerja maksimal. Fungsi jantung memompa darah ke bagian otak tidak berjalan baik sehingga pusing menjadi satu gejala yang paling sering terjadi.

Mudah Lelah

Rasa lelah yang sangat berat juga bisa jadi gejala gangguan jantung. Akan tetapi perlu pengecekan secara mendetail apakah rasa lelah menjadi sumber penyebab sakit jantung atau hanya kekurangan darah saja. Jika tidak ada riwayat anemia atau bahkan sangat jarang melakukan aktivitas tengah malam kemudian tubuh terasa sangat lelah sebaiknya cek ke dokter agar mendapatkan penanganan medis.

Keringat Dingin

Selain mengalami rasa lelah, ketika tubuh mengalami keringat dingin juga sering identik dengan gangguan jantung. Kondisi jantung yang kurang normal akan membuat produksi keringat dingin semakin banyak, sehingga bisa jadi tanda awal mengenai gangguan jantung dan butuh penanganan lebih serius.

Nafas Terasa Pendek

Dalam beberapa kesempatan kondisi saluran pernafasan mengalami gangguan sehingga memberikan satu tanda bahwa tubuh mengalami satu keadaan kurang normal. Ketika Anda melakukan aktivitas sederhana atau bisa dikategorikan tidak membutuhkan tenaga besar maka cobalah cek ke pihak medis untuk mengetahui apakah ada gangguan pada organ jantung atau tidak.

Perasaan Mual

Terakhir rasa mual karena terjadinya gangguan jantung juga bisa terlihat secara detail. Rata-rata dari gangguan jantung bisa membuat rasa mual bahkan lebih dari dua kali dalam sehari. Maka dari itu jika Anda mengalami gangguan berupa perasaan mual terlalu sering segera lakukan pengecekan.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.