Biografi

Silsilah Raden Wijaya Pendiri Kerajaan Majapahit

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dari berbagai kerajaan di tanah Jawa, ternyata Majapahit paling terkenal hingga mampu memperluas daerah kekuasaan hingga ke mancanegara. Dibalik kesuksesannya terdapat seorang raja dengan sistem pemerintahan terbaik salah satunya Raden Wijaya. Akan tetapi tak banyak orang mengerti seperti apa silsilah Raden Wijaya dimana sampai sekarang dikenal dengan nama Raden Harsawijaya.

Maka dari itu berdasarkan bukti-bukti sejarah baik dalam bentuk prasasti sampai kitab-kitab dibuatlah ringkasan silsilah dari raja Raden Wijaya yang dikenal sebagai pendiri kerajaan Majapahit.

Silsilah Raden Wijaya

Raden Wijaya sendiri menjadi salah satu nama pendiri Kerajaan Majapahit yang dituliskan dalam kitab Pararaton sekitar abad ke 15. Salah satu kitab yakni Nagarakretagama menuliskan bahwa di pertengahan abad ke 14 menjadi salah satu masa pendiri Majapahit yakni Dyah Wijaya, kemudian digantikan oleh sosok Raden Wiaya.

Dilansir dari Pararaton, Raden Wijaya ini menjadi putra dari Mahisa Campaka yakni seorang pangeran Kerajaan Singhasari kemudian dibesarkan juga di lingkungan Singhasari. Banyak sumber mengatakan bahwa Raden Wijaya adalah perpaduan antara darah Sunda dan Jawa sehingga banyak kisah menceritakan tentang kisah hidup Raden Wijaya.

Masa pemerintahan Raden Wijaya dimulai setelah meninggalnya Kertanegara yang menjadi raja Singhasari terakhir, hingga menjadi salah satu raja Majapahit yang paling ternama. Jika dilihat dari silsilah keluarga, Raden Wijaya ini menyatakan dirinya sebagai anggota Wangsa Rajasa akan tetapi dari sumber lain yakni Nagarakretagama sendiir menyebutkan bahwa Wijaya menjadi putra dari Dyah Lembu Tal, sekaligus putra Narasinghamurti. Sedangkan dari kitab Pararaton, Narasinghamurti atau Mahisa Campakan menjadi putra dari Mahisa Wonga Teleng atau disebut sebagai Ken Arok yang pada saat itu menjadi pendiri Wangsa Rajasa.

Silsilah Raden Wijaya juga memperlihatkan bahwa sempat menikah dengan empat putri yakni Tribhuwaneswari, Jayendradewi, Gayatri, dan Narendraduhita. Akan tetapi dari sumber kitab Pararaton menyebutkan Raden Wijaya hanya menikahi dua putri Kertanegara saja yakni Dara Petak dari Kerajaan Malayu, kemudian salah seorang putri Srimat Tribhuwanaraja Mauliwarmadewa yang menjadi Raja Melayu di Kerajaan Dharmasraya.

Itulah beberapa informasi seputar silsilah Raden Wijaya secara singkat. Kini berbagai penelitian masih dilakukan untuk mencari tahu ketepatan informasi dari berbagai sumber sejarah mengenai asal usul hingga masa-masa pemerintahan Raden Wijaya di Majapahit.

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.