Biografi

Kisah Pilu RA Kartini yang Jarang Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Pahlawan wanita Indonesia yakni RA Kartini kini menjadi sosok paling diteldani oleh masyarakat Indonesia berkat perjuangan hingga sikap-sikapnya. Banyak orang mengenal sosok RA Kartini sebagai seorang wanita dengan kepribadian halus dan baik. Akan tetapi tahukah kamu jika terdapat beberapa kisah pilu RA Kartini yang masih jarang diketahui sampai sekarang.

Dari kisah pilu tersebut didapatkan pada surat Raden Ajeng Kartini yang mana berisi tentang pemikirannya mengenai kondisi sosial sampai kondisi perempuan pribumi. Menarik karena RA Kartini selalu menulis seputar keluhan ataupun gugatan khusus mengenai budaya di Jawa dimana masih menjadi penghambat kemajuan wanita.

Baca Juga : Memahami Kartini, Mengaku Anak Budha dan Menjadi Vegetarian

Berikut ini ada beberapa kisah pilu RA Kartini yang dilansir dari surat-surat pribadinya pada saat itu:

RA Kartini mengaku ingin menjadi seperti kaum muda Eropa setelah berkenalan dengan sosok Estelle Stella Zeehandelaar, tak hanya orang mengetahui hal ini sehingga dianggap sebagai kisah pilu.

Tidak hanya itu saja karena RA Kartini juga menceritakan tentang penderitaan kaum perempuan Jawa karena dikekang oleh adat dimana tak dapat bbas duduk di bangku sekolah bahkan harus dipingit sampai menikah dengan seorang laki-laki yang tidak dikenali hingga harus bersedia dimadu.

RA Kartini juga mengaku sebagai anak seorang selir bernama Ngasirah kemudian menjadi anak dari seorang Bupati Jepara, RM Adipati Ario Sosronngrat.

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.