Biografi

Fakta Dibalik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang Karangan RA Kartini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Pahlawan bangsa Indonesia yang lekat kaitannya dengan emansipasi wanita yakni RA Kartini hingga kini masih terus menjadi contoh teladan bagi banyak kalangan. Hingga sekarang banyak fakta terus diungkap ke berbagai media kemudian banyak masyarakat masih merasa penasaran dengan fakta RA Kartini. Diketahui RA Kartini telah membuat sebuah buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, akan tetapi tahukah kamu jika ada beberapa fakta menarik dibalik buku tersebut sehingga sampai sekarang menjadi perdebatan para ahli sejarah.

Mungkin kamu masih merasa penasaran seputar fakta-fakta dibalik buku karangan RA Kartini berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang tersebut, maka dari itu mari kita simak sama-sama mengenai fakta mengenai bukunya.

Fakta Dibalik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang

Habis Gelap Terbitlah Terang Bukan Jadi Buku Pada Awalnya

Fakta pertama terlihat bahwa buku RA Kartini berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang pada awalnya bukan sebuah buku akan tetapi hanya kumpula surat-surat yang dikirimkan dengan tujuan J.H Abendanon beserta teman-temannya yang tinggal di Eropa. Semenjak meninggalnya RA Kartini maka J.H Adendanon tersebut berpikiran untuk membuat buku berdasarkan surat-surat tersebut dengan judul awalnya Door Duisternis Tot Licht atau lebih dikenal dalam bahasa Indonesia dengan arti Habis Gelap Terbitlah Terang.

Baca Juga : 3 Fakta RA Kartini yang Tak Banyak Diketahui

Penerbitan surat karya RA Kartini tersebut banyak diminati oleh masyarakat Belanda hingga buah pemikiran RA Kartini sanggup membuat pandangan masyarakat Belanda berubah. Dari situlah Belanda menghargai adat istiadat budaya Jawa dalam memperlakukan wanita. Tidak hanya itu saja karena dari buah pemikiran RA Kartini juga memberi motivasi akan perjuangan kebangkitan nasional berupa judul lagu Ibu Kita Kartini yang dibuat oleh W.R Soepratman.

Judi Buku RA Kartini Awalnya Tidak “Habis Gelap Terbitlah Terang”

Judul dari buku RA Kartini “Habis Gelap Terbitlah Terang” sebenarnya bukan judul aslinya akan tetapi judul asli bertuliskan “Door Duisternis Tot Licht” yang diartikan sebagai Dari Gelap Menuju Cahaya. Ada alasan kenapa J.H Abendanon membuat judul tersebut karena memang RA Kartini sering mengulangi kata-kata Dari Gelap Menuju Cahaya sehingga buku tersebut terbit dalam judul Habis Gelap Terbitlah Terang di tahun 1938.

RA Kartini Membuat Buku Resep

Tidak banyak yang tahu bahwa dari sosok RA Kartini telah berhasil membuat sebuah buku resep masakan asli. Ternyata RA Kartini sendiri memiliki hobi memasak kemudian beliau jadikan sebagai alat negosiasi dalam kepentingan hubungan antar negara terutama di masa-masa Belanda. Dari itulah Kartini menunjukkan peradaban Jawa di mata Belanda.

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.