Biografi

Biografi Singkat Gajah Mada

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Di dalam kerajaan Majapahit terdapat banyak tokoh ternama salah satunya Gajah Mada yang dikenal dengan Sumpah Palapanya. Hingga kini Gajah Mada dikenal sebagai sosok panglima perang yang disegani hingga berhasil memperluas daerah kekuasaan Majapahit pada kala itu. Dilihat dari biografi singkat Gajah Mada terlihat bahwa banyak prestasi diraih oleh Gajah Mada hingga mampu menduduki tahta penting di dalam Majapahit.

Biografi Singkat Gajah Mada

Sampai sekarang tidak ada sumber informasi mengenai kelahiran ataupun silsilah keluarga dari Gajah Mada akan tetapi terdapat informasi pada tahun 1309 sampai 1328 sosok Gajah Mada ini berhasil menyelamatkan Prabu Jayanegara kemudian mengatasi pemberontakan Ra Kuti yang pada masa itu dianggap paling berbahaya. Gajah Mada berhasil mendapatkan tahta Patih Kahuripan pada tahun 1319 lalu dua tahun kemudian juga diangkat lagi menjadi Patih Kediri.

Gajah mada dikenal dengan Sumpah Palapa yang mana dirinya akan menikmati palapa ataupun rempah-rempah yang bisa juga diartikan sebagai kenikmatan duniawi jika sudah berhasil menaklukkan Nusantara. Ada beberapa ahli sejarah masih meragukan sumpah yang diucapkan Gajah mada tersebut, akan tetapi sejumlah bukti sejarah mengatakan bahwa Gajah Mada berhasil memperluas daerah Majapahit hingga ke Brunei, Semenanjung Malaya, hingga ke berbagai daerah lainnya. Tak sedikit kalangan mengatakan bahwa daerah perluasan Majapahit pada zaman dulu sama seperti Indonesia saat ini.

Biografi singkat Gajah Mada juga berisi tentang peristiwa Perang Bubat yang juga dikenal pada masa Gajah Mada. Perang Bubat mengisahkan tentang perang saudara yang mana patih Gajah Mada dan Hayam Wuruk menjadi dua tokoh penting di dalamnya. Perang Bubat sendiri menjadi salah satu penyebab kematian Gajah Mada, akan tetapi informasi tersebut masih belum bisa diverifikasi karena minimnya sumber sejarah.

Namun dari Negarakretagama sendiri menyebutkan bahwa Hayam Wuruk menjumpai Gajah Mada setelah upacara keagamaan di Simping kemudian melihat Gajah Mada dalam kondisi sakit. Gajah Mada sendiri meninggal pada tahun 1286 Saka ataupun 1364 Masehi akan tetapi tidak diketahui tempat makan dari Gajah Mada.

Itulah biografi singkat Gajah Mada yang sampai sekarang banyak dicari oleh para pecinta sejarah dimana selalu mencari tahu penyebab Gajah Mada meninggal hingga masa-masa kejayaannya di Majapahit.

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.