Bisnis

Alasan Banyak Department Store Indonesia Gulung Tikar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Perkembangan dari bisnis retail di Indonesia kini semakin menurun karena maraknya website toko online. Berbagai macam department store di Indonesia sudah didengar berkurang bahkan sebagian telah gulung tikar. Mungkin kabar ini sudah banyak didengar, akan tetapi tak banyak yang mengetahui apa saja alasan-alasan dari penutupan gerai sehingga membuat banyak vendor mengalami kerugian.

Alasan Banyak Department Store Indonesia Gulung Tikar
Alasan Banyak Department Store Indonesia Gulung Tikar

Sebagai pecinta online shop harus bisa memberikan pemahaman mengenai alasan-alasan terbaik dari berkurangnya gerai-gerai besar di Indonesia. Lalu apa saja alasan-alasan tersebut?

Perubahan Gaya Hidup

Pastinya penutupan gerai-gerai besar di Indonesia menjadi satu dampak dari perubahan gaya hidup masyarakat. Beberapa tahun belakangan generasi millennial kian berkembang sehingga menggunakan cara-cara belanja secara online yang lebih cepat dan fleksible. Pastinya dari perubahan gaya hidup yang sering belanja offline kemudian menjadi online langsung berdampak kurang baik terhadap gerai-gerai besar di Indonesia.

Perubahan Konsumsi Menjadi Investasi

Tidak hanya perubahan gaya hidup soal belanja online saja, banyak kalangan sudah memikirkan tentang investasi. Sehingga dari kegiatan belanja akan dikurangi karena untuk memprioritaskan investasi. Menempatkan dana dalam sebuah investasi seperti deposito, tabungan, dan lain-lain akan memberi keuntungan jangka panjang dibandingkan menghabiskan uang untuk kegiatan konsumtif.

Berkurangnya Daya Beli

Selain mendapatkan pengaruh dari perubahan gaya hidup, ternyata daya beli masyarakat dari tahun ke tahun juga berkurang. Pelemahan daya beli masyarakat bisa disebabkan oleh pendapatan yang semakin berkurang kemudian tuntutan gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari semakin bertambah besar. Jadi kondisi ekonomi juga memberi pengaruh terhadap gerai-gerai besar yang secara masal menutup toko.

Menjadi Fenomena Global

Sebenarnya kabar mengenai penutupan gerai-gerai besar di Indonesia belum seberapa dibandingkan di luar negeri. Sekarang sudah banyak kalangan mengetahui bahwa di luar negeri juga mengalami hal sama dimana gerai ritel besar menutup toko karena perubahan gaya hidup masyarakat kemudian semakin sulitnya ekonomi saat ini. Ada beberapa negara yang mengalami hal sama diantaranya Malaysia, Inggris, Singapura, dan Amerika Serikat.

Lambatnya Pertumbuhan Ekonomi

Secara teknis pertumbuhan ekonomi yang melambat akan memberi dampak pada berkurangnya minat masyarakat dengan kegiatan belanja. Oleh sebab itu kenapa banyak kalangan melihat dari aspek pertumbuhan ekonomi yang sekarang ini makin melambat sehingga berdampak langsung pada bisnis retail besar di Indonesia.

Jadi ada banyak alasan kenapa gerai-gerai retail besar di Indonesia menutup toko-toko karena memang perkembangan ekonomi hingga kebiasaan masyarakat untuk membeli barang melalui sistem online kini semakin banyak dilakukan.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.