Biografi

3 Fakta RA Kartini yang Tak Banyak Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

RA Kartini masih jadi sosok tak terlupakan dari sejarah Indonesia dimana selalu berjuang untuk masyarakat pribumi terutapa kalangan perempuan. Sosok RA Kartini juga dianggap sebagai pahlawan perempuan karena selalu melawan peraturan yang memberi beban besar kepada perempuan terutama dalam mengakses pendidikan hingga persamaam hak.

Maka dari itu 21 April menjadi momen masyarakat Indonesia dalam mengingat kembali perjuangan RA Kartini pada zaman dulu. Akan tetapi tahukah kamu jika masih ada berbagai fakta RA Kartini yang belum diketahui oleh banyak kalangan. Maka dari itu bila kamu belum mengetahuinya, berikut akan kami jelaskan.

Fakta RA Kartini yang Tak Banyak Diketahui

Kartini Mempunyai Darah Keturunan Bangsawan dan Ulama

Banyak kalangan masih mengingat bahwa RA Kartini menjadi anak seorang bangsawan bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Pada zaman dulu ayah dari RA Kartini memiliki jabatan sebagai bangswan hingga seorang Bupati Jepara yang mana masih memiliki garis keturunan Hamengkubuwana VI sampai ke garis keluarga Istana Kerajaan Majapahit. Sedangkan dari sosok ibunya adalah M.A Ngasirah yang dilansir dari catatan sejarah di Yogyakarta M.A Ngasirah tersebut adalah anak dari ulama ternama di Jepara yakni Nyai Haji Siti Aminah dengan Kiai Haji Madirono dimana masih berstatus sebagai guru ngaji di Teklukawur Jepara.

Baca Juga : Kisah Pilu RA Kartini yang Jarang Diketahui

Hidup Dalam Status Keluarga Poigami

Sejarah kehidupan RA Kartini dari masa kecil sampai dewasa memang dipenuhi dengan kehidupan keluarga poligami bahkan ibunya sendiri bukanlah seorang ibu utama dari sang ayah karena ayah RA Kartini menikah kembali dengan Raden Ajeng Woerjan yang sudah memiliki garis keturunan ningrat.Dari fakta RA Kartini terutama masa dewasanya harus menerima untuk menikah dengan Raden Adipati Joyodningrat dimana sudah memiliki tiga istri. Dari situlah RA Kartini menjadi seorang perempuan yang lekat dengan kehidupan poligami. Buah pernikahan RA Kartini dengan Raden Adipati Joyodingrat dikaruniai seorang putra bernama Soesalit Djojoadhiningrat.

Tidak Merasa Bangga Dengan Gelar Bangsawan

Mungkin kamu sudah mengetahui akan hal ini dimana RA Kartini sendiri masih erat kaitannya dengan sosok bangsawan akan tetapi sebaliknya RA-Kartini justru tidak suka jika dipanggil Raden Ayu , Kartini juga mempelajari dibalik makna pemberian panggilan Raden Ajeng tersebut sehingga ia lebh senang jika dipanggil dengan nama Kartini saja.

Itulah berbagai macam fakta RA Kartini dimana sampai sekarang mampu memberi gambaran mengenai sosok RA Kartini sebenarnya.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.